Selasa, 11 Februari 2014

Komunitas Kreatip-Primitip Rosokcraft Malang

Komunitas Kreatip-Primitip Rosokcraft Malang: Kumpulan Penghobi Seni Instalasi Korek Api

Ngalamers tentu sudah sangat familiar ya atas keberadaan korek gas, tapi tahukah Ngalamers bahwa di Malang ada komunitas yang menggeluti seni instalasi yang terbuat dari korek gas bekas? Komunitas ini bernama Komunitas Kreatip-Primitip Rosokcraft, atau yang biasa disebut dengan Rosokcraft.

Rosokcraft

Para anggota Rosokcraft sangat ahli dalam merakit miniatur motor, replika hewan, becak, dan aneka benda unik lainnya. Dan kesemuanya dibuat dari korek gas bekas yang mereka dapat dari tukang loak (tukang rosokan barang bekas). Karena itulah mereka menyebut komunitasnya sebagai Rosokcraft. Sementara kata "Primitip" diambil dari sebagian dari anggotanya yang merupakan kaum "primitif" ataundeso.

Rosokcraft sendiri tidak jelas kapan berdirinya, namun Okta Deddie, sang pendiri, sudah sejak 2 tahun yang lalu mencoba membuat karena melihat korek api yang sudah tidak terpakai berserakan di kamar. Ia akhirnya iseng memreteli korek tersebut dan dirakit seadanya. Dari situ mulai timbul rasa penasaran dan "kecanduan" karena semakin detil karyanya maka semakin seru. Okta akhirnya menambahkan berbagai ornamen untuk mempercantik karyanya, misalnya skotlet, cat, lampu LED, karet sil tabung elpiji, kabel, dll.

Akhirnya, tetangga kampungnya yang sering main kerumahnya tertarik ingin belajar dan menyumbang ide baru untuk membuat model lain. Mereka tetap berpegang teguh pada prinsip bahwa semua bahannya adalah barang bekas.
Rosokcraft

Rosokcraft sempat memamerkan karyanya di Festival Malang Kembali 2012. Ternyata banyak juga pengunjung yang merespon baik karya-karya mereka. Para pengunjung banyak yang bertanya apakah karya mereka dijual, berapa harganya, bagaimana membuatnya, berapa lama membuatnya, kumpulnya dimana, dan masih banyak lagi. Bahkan, banyak juga anak-anak kecil yang nangis ingin dibelikan karya mereka. 

Ketika mereka menggelar stan di expo komunitas POLINEMA, respon yang mereka terima juga luar biasa. Mereka pun dengan senang hati melayani siapa saja yang ingin belajar dengan cuma-cuma. Rosokcraft juga membuka pintu bagi siapapun yang ingin gabung dan main-main ke basecamp mereka. Mereka biasanya berkumpul setiap Minggu dan berencana untuk berkumpul di Car Free Day.
Rosokcraft

"Kami berpikiran meskipun sebagian dari kami primitif/ndeso, tapi kami bisa berkarya dan menghasilkan sesuatu yang bernilai seni bahkan bernilai jual,karena latar belakang profesi dan pendidikan tidak menyurutkan teman-teman untuk berkreasi (ada sebagian dari kami berprofesi sebagai pengangguran, kuli bangunan, tukang aspal, buruh karoseri, penjaga toko). Semoga dari sampah bisa jadi rupiah. Amin.... Itulah harapan kami"
-Okta Deddie-

Basecamp:
Jl. Imam Bonjol II/458 RT.04 RW.03 Karangjati, Ardimulyo 
Singosari 
Malang

Contact Person:
Okta Deddie (Ketua)
085649823159
(0341) 452012 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar