Selasa, 04 Februari 2014

Festival 'Padang Bulan'





Pada hari Sabtu, 13 April 2013 di Taman Krida Budaya Jatim di Kota Malang, UPT Pendidikan & Pengembangan Kesenian Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mengadakan: 
          Gelar Seni Pertunjukan PADANG REMBULAN
Acara tari-tarian tradisional sangat menarik, yang ditampilkan pada malam itu adalah: Tari Sumunar, Lagu & Tari Jaranan, Tari Gandrung, Tari Bedaya.
Beberapa acara memang tidak kami tulis dalam Blog ini. Sinopsis kami kutip dari brosur acara, kecuali Tari Gandrung & Tari Bedaya, kami kutip dari beberapa sumber.

Tari Sumunar





Sinopsis: dalam tanda remaja menyimpan sebuah asa dalam kelembutannya, tersimpan sebuah bara tuk menggapai cita "Sumunar" terus bersinar. Bak gemerlap kilau permata yang menyinari dunia.
Tarian ini dibawakan oleh siswi SMPN 4 Kota Malang.


 
 







Lagu & Tari Jaranan

Dibawakan dengan apik oleh siswi SMPN 4 Kota Malang, antara lagu & tarian yang dibawakan sangat kompak.







Sinopsis: Komposisi ini lahir dari kegelisahan akan nasib jaranan yang sudah hampir tak dikenal & nyaris dilupakan oleh anak2 di era modern. Jaranan sekarang ini lebih dikenal sebagai tari yang hanya mengangkat kalap & kesurupan, padahal lebih dari itu. Meski susah payah & lelah, jaranan harus tetap berlari & berdiri tegak sebagai jati diri bangsa.

 
 

Tari Gandrung

Tarian khas dari Banyuwangi ini dibawakan oleh siswi SDN Kepatihan dari Banyuwangi, dibawakan dengan sangat apik, lincah & rancak. Meski masih tingkat SD tapi patut diacungi jempol.



Tari Gandrung ini adalah tarian ucapan syukur atas hasil panen. Biasanya ditarikan saat selesai masa panen padi atau saat acara petik laut bagi para nelayan.






Tari Bedaya


Tarian yang berasal dari Kraton Surakarta, suatu tarian yang klasik, halus & simbolis.



Tarian yang sangat halus ini mencerminkan hubungan yang sangat khusus antara penguasa pertama Mataram, Panembahan Senopati, dengan Dewi Laut Selatan, bernama Ratu Kencanasari atau biasa disebut Kanjeng Ratu Kidul atau Nyai Roro Kidul.










Tarian yang sangat halus, menginterpretasikan martabat wanita Jawa yang lembut & halus.






















Hidup juga merupakan tarian, akan indah jika menjalani hidup ini dengan baik & berguna bagi kebaikan banyak orang. Semua tarian ini membawa pada Imajinasi yang sangat dalam.

1 komentar:

  1. wah.. ada saya dan teman-teman ppst jawa timur di sana..
    penari sumunar,jaranan smp 4 malang yang sekarang sudah menjadi alumni.. :D
    terimakasih atas postingan yang indah ini.. saya terharu.. :')

    BalasHapus